Sabtu, 20 Jul 2024

Apresiasi Road Map Hilirisasi BKPM, Sultan Harap Peran Daerah Tidak Diabaikan

2 minutes reading
Sultang` B Najamudin
08 Feb 2023

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin mengapresiasi inisiatif dan inovasi kebijakan Road Map Hilirisasi Komoditas Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Bahlil Lahadalia yang baru saja rampung.

“Peta jalan hilirisasi industri komoditas yang komprehensif dan terintegrasi merupakan kebutuhan yang sangat urgen disiapkan oleh pemerintah dalam meningkatkan nilai tambah komoditas unggulan ekspor Indonesia. Meskipun agak terlambat, kami sangat mengapresiasi kinerja kementerian Investasi dengan terobosan hilirisasi yang baru saja rampung,” ujar Sultan melalui keterangan resminya pada Rabu (08/02).

Menurutnya, road map hilirisasi komoditas akan menjadi guiding book bagi pemerintah sekaligus calon investor dalam menetapkan kebijakan investasi. Kami optimis insha Allah target investasi dan pembukaan lapangan pekerjaan dengan sendirinya akan meningkat.

“Harapannya semua target Road map hilirisasi akan tercapai secara terarah, terukur dan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat. Dan hal itu dapat tercapai jika semua pihak dapat dilibatkan secara proporsional, khususnya pemerintah daerah,” tegas mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu.

Pemerintah daerah, kata Sultan, harus diberikan ruang kolaborasi dan partisipasi dalam perjalanan hilirisasi komoditas ini. Hal ini tidak boleh diabaikan, sehingga Jangan sampai ada celah yang menghambat proses hilirisasi komoditas di daerah.

“Karena Daerah merupakan ujung tombak dalam upaya meningkatkan investasi dan pelayanan publik,” ungkap Sultan.

Meski demikian, mantan ketua HIPMI Bengkulu itu juga menerangkan bahwa agar peran ini bisa terwujud secara optimal jika pemerintah daerah memiliki tata kelola yang baik, termasuk metode yang inovatif dalam menawarkan peluang investasi. Fokusnya melalui pengembangan model bisnis yang sesuai dengan potensi daerah.

Diketahui Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia baru-baru ini menyampaikan, peta jalan (road map) hilirisasi dalam rangka mendorong transformasi ekonomi telah rampung.

Dalam peta jalan tersebut dibagi menjadi delapan bagian dari 21 komoditas dengan total investasi hingga US$545,3 miliar sampai tahun 2040.

“Jadi selama ini kita bicara hilirisasi, peta jalan roadmap besarnya itu belum ada, dan alhamdulillah tadi kami sudah laporkan dengan total investasi sampai dengan 2040 sebesar US$ 545,3 miliar,” ucap Bahlil dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/1).

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *